22.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

Abidin Fikri Sosialisasi 4 Pilar MPR di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Tambakrejo

BOJONEGORO – Anggota MPR RI, H. Abidin Fikri, SH., MH. menggelar sosialisasi Empat pilar MPR RI bersama ratusan santri dan para kiai di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Sukorejo, Tambakrejo, Bojonegoro, Sabtu, (29/07/2023).

Dalam acara itu, Abidin Fikri menerangkan bahwa kita harus bersyukur bahwa para pendiri bangsa Indonesia telah berhasil merumuskan Dasar Negara Indonesia merdeka yaitu Pancasila.

“Syukur Alhamdulillah Bangsa kita telah sepakat bahwa Dasar Negara Indonesia Merdeka adalah Pancasila,” terang Abidin Fikri.

Lebih lanjut Abidin Fikri menjelaskan tentang sejarah, pada sidang Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) 1 Juni 1945 sebelum Indonesia memproklamasikan Kemerdekaan, Bung Karno mengemukakan Lima prinsip yang menjadi dasar Indonesia Merdeka yaitu Pancasila.

“Lima sila yang dirumuskan oleh Bung Karno disahkan di tanggal 18 Agustus 1945 atau sehari setelah Indonesia Merdeka, sila-sila Pancasila termaktub dalam Pembukaan UUD 1945,” jelas Abidin Fikri.

Kepada para santri dan pengasuh pondok pesantren, Abidin Fikri berpesan bahwa Pancasila sejatinya telah memenuhi kaidah syariat Islam. Mencintai tanah air adalah bagian dari syariat Islam dan mencintai tanah air adalah bagian dari iman.

“Pondok Pesantren memiliki peran yang besar dalam mempraktekkan Pancasila di dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan para ulama dan santri sehingga Bangsa Indonesia tetap kuat, rukun dan bersatu agar kita semua bisa leluasa dalam melahirkan generasi yang unggul dan berkualitas,” pesan Abidin Fikri yang juga Anggota Komisi IX DPR RI.

Sosialisasi Empat Pilar ini turut mengagendakan prosesi pengukuhan Pengurus Cabang Baitul Muslimin Kab. Bojonegoro, santunan anak yatim-piatu dan persemian BLK Komunitas Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Tambakrejo.

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer