22.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

Ganjar Minta Jurkam Hindari Kampanye dengan Data Manipulatif, Hoaks, dan Politik Identitas

JAKARTA – Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo meminta juru kampanye (jurkam) pemenangan agar tidak menggunakan hoaks dan data yang manipulatif kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan Ganjar saat mengisi saat membuka pelatihan juru kampanye (jurkam) pemenangan Ganjar Pranowo untuk Pilpres 2024 di Inews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023).

“Saya hanya titip saja pada kawan-kawan, satu tidak hoaks, dua tampilkan data-data dengan jujur tidak ada manusia yang sempurna, maka tampilkan apa adanya, karena itulah yang akan mengedukasi,” kata Ganjar.

Ganjar meminta jurkam menyampaikan ide, gagasan, pengalaman kepemimpinan, dan bukti-bukti yang sudah dilakukan dirinya.

“Itu jauh lebih mengedukasi sehingga proses demokrasi, demokratisasi kita akan berjalan dengan baik,” kata dia.

Di sisi lain, Ganjar juga mengajak para jurkam tidak membawa politik identitas.

“Kebersamaan kita sebagai anak bangsa akan betul kita jaga sehingga Pemilu ke depan akan aman sampai menyenangkan betul-betul ini adalah pesta, pesta demokrasi yang menyenangkan,” kata dia.

Dalam pelatihan ini, hadir 300 jurkam yang berisikan kader partai politik (PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo) serta 150 sukarelawan. Para jurkam berasal dari kalangan muda dengan usia di bawah 40 tahun.

Dalam acara pembukaan ini hadir Bacapres Ganjar Pranowo, Sekjen PDIP Hasto, Sekjen Perindo Ahmad Rofiq, Ketua DPP PPP Usman Tokan, dan petinggi Hanura yakni Jimmy CK (Ketua Penggalangan Pemuda dan Pemilih Pemula DPP Partai Hanura) serta Ivan Ferdian (Ketua Devisi Pilpres Badan Perencanaan dan Pemenangan Pemilu Hanura).

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer