24.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

F1 Powerboat Tuntas, Danau Toba Siap Gelar Turnamen Jetski Oktober 2023

JAKARTA – Kejuaraan dunia F1 Powerboat telah dihelat di Danau Toba. Sumatera Utara pada 24-26 Februari 2023.

Sejumlah agenda pun kembali disiapkan, salah satunya kejuaraan jetski pada Oktober 2023 mendatang.

“Tiap tahun akan ada dua event seperti ini, satu F1 Powerboat dan kedua jetski,” ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Minggu (26/2/2023).

Menko Luhut menuturkan saat ini tengah diatur kongres atau pertemuan luar biasa powerboat organization di dunia, tempatnya di Parapat, Sumatera Utara.

“Ini (kejuaraan) akan buat Danau Toba jadi tujuan turis destinasi prioritas akan tercapai,” lanjutnya.

Luhut mengatakan konferensi besar terkait F1 Powerboat yang dilakukan oleh sekitar 25-30 negara. Danau Toba sendiri akan menggelar F1 Powerboat selama lima tahun ke depan. Adapun pelaksanaan F1 Powerboat di Danau Toba ini menjadi pembuka dari seri 2023.

Meski Indonesia belum mengirimkan pebalap pada kejuaraan kali ini, Luhut mengungkapkan pendiri H20 Racing Nicolo Di San Germano, yang juga sekaligus promotor dari Kejuaraan Dunia F1 Powerboat berharap Indonesia nantinya mampu mengirimkan perwakilannya di ajang tersebut.

“Nicolo sempat bicara sama saya supaya kami bisa kirimkan tim juga, mungkin 1-2 tahun ke depan kita coba siapkan, tetapi kalau untuk jetski, kami coba usahakan,” kata Luhut.

F1 Powerboat diprediksi mampu menghasilkan perputaran uang sebesar Rp300 miliar dalam satu minggu rentang acaranya, dimulai dari persiapan hingga race day.

Oleh karena itu, Luhut berpesan agar seluruh pihak harus berupaya untuk berkolaborasi, bekerja sama, dan kompak.

“Tidak ada yang boleh merasa dirinya paling hebat, kita bahu-membahu membuat acara ini sukses,” kata Luhut pula.

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer