22.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

Wapres Maruf Promosi Industri Halal ke Singapura

JAKARTA – Singapura diharapkan menjadi mitra investasi untuk pengembangan industri halal di Indonesia.

Wakil Presiden RI, KHm Maruf Amin mengajak para pengusaha Singapura untuk berinvestasi di industri Halal yang tengah berkembang pesat di Indonesia.

“Saat ini Indonesia terus berupaya untuk menjadi pusat produsen halal dunia,” ujar Wapres Maruf saat melakukan Courtesy Call kepada Presiden Singapura Halimah Yacob, di Istana Presiden Singapura, Senin (16/01/2023).

Wapres Maruf menjelaskan, beberapa langkah telah dilakukan di antaranya dengan membangun kawasan industri halal di tiga kawasan strategis, yaitu Bintan, Serang, dan Sidoarjo.

Dia pun mengajak Pemerintah Singapura untuk dapat menjadi mitra investasi di kawasan tersebut.

“Saya harap Singapura dapat menjadi mitra investasi untuk industri halal dan medorong penyelesaian kesepakatan tentang jaminan produk halal antara BPJPH dan Majelis Ugama Islam Singapura (MUIS),” ungkap Wapres.

Wapres juga mendorong kerja sama di pendidikan dan sosial budaya menjadi prioritas besar Indonesia dalam membangun sumber daya manusia yang unggul. Dia pun mendukung langkah-langkah konkret yang dilakukan dalam implementasi perjanjian kerja sama ini.

“Mendorong implementasi berbagai kesepakatan bilateral tersebut melalui program magang para pemuda dan program pendidikan vokasi kedua negara serta pembentukan mekanisme monitoring dan evaluasi,” urai Wapres.

Lebih lanjut, Wapres memaparkan tentang pencalonan Indonesia pada Financial Action Task Force (FATF) dan meminta dukungan Singapura dalam pencalonan ini. Di sisi lain, Wapres juga menyampaikan tentang garis besar program Indonesia dalam keketuaan ASEAN di tahun 2023.

“Sejak tahun 2018 Indonesia merupakan observer di FATF dan telah mencapai banyak kemajuan terkait Anti Money Laundering regime. Saya harapkan dukungan Singapura pada pertemuan FATF di Paris bulan Februari 2023,” pintanya.

“Saya yakin akan dukungan Singapura terhadap Indonesia,” pungkas Kiai Maruf.

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer