22.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

Respon Manuver China, Amerika Transit Di Selat Taiwan

JAKARTA – Amerika Serikat (AS) berencana untuk melakukan transit udara dan laut baru di Selat Taiwan.

Aksi Amerika itu adalah respon terhadap latihan militer China di selat yang diperebutkan di tengah meningkatnya ketegangan atas pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Koordinator Gedung Putih untuk Asia-Pasifik, Kurt Campbell mengatakan meskipun ada ketegangan, pasukan AS akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi di mana hukum internasional mengizinkan, konsisten dengan komitmen lawas AS terhadap kebebasan navigasi.

“Itu termasuk melakukan transit udara dan laut standar melalui Selat Taiwan dalam beberapa minggu ke depan,” kata Campbell, yang juga Penasihat Pemerintahan Presiden AS Joe Biden, kepada wartawan, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Meski demikian, Campbell tidak mengkonfirmasi jenis pengerahan apa yang akan dilakukan dan kapan pengerahan itu dikerahkan untuk mendukung manuver Washington.

Ia hanya mengatakan Washington akan mengumumkan peta jalan ambisius untuk hubungan ekonomi yang lebih dalam dengan Taiwan di tengah ketegangan dengan China atas pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Seperti diktahui, Beijing melakukan latihan militer terbesarnya di sekitar pulau yang memiliki pemerintahan sendiri selama kunjungan Ketua DPR AS, Nancy Pelosi awal bulan ini. Negeri Tirai Bambu tersebut menuduh AS bekerja melawan kebijakan resminya di China dan Taiwan.

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer