22.4 C
Indonesia
Sunday, May 19, 2024

Presiden Jokowi dan Para Pimpinan Negara di Dunia ucap Belasungkawa Shinzo Abe

JAKARTA – Presiden Joko Widodo serta para pemimpin bangsa di dunia menyampaikan belasungkawa atas wafatnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang ditembak orang tak dikenal saat pidato kampanye politik.

Penembakan itu terjadi satu minggu menjelang pemilihan Parlemen Jepang. Aksi penembakan terhadap Abe ini sangat mengejutkan, karena Jepang dikenal sebagai negara yang jarang ada kekerasan politik, juga jarang ada penggunaan senjata api.

Abe meninggal di usai 67 tahun dan ditembak sekitar 3 meter dari belakang ketika tengah berpidato di Kota Nara, Jepang, Jumat (8/7/2022).

Abe yang tewas pada usia 67 tahun itu berasal dari dinasti politik konservatif dan memiliki reputasi sebagai operator politik cekatan yang mempertahankan pengaruh abadi setelah tidak lagi menjabat sebagai perdana menteri.

Akibat kejadian ini, banyak pemimpin dunia bersedih dan menyampaikan ungkapan belasungkawa kepada Shinzo Abe dan keluarganya.

Berikut ungkapan belasungkawa negara-negara:

Indonesia

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe pada Jumat.

“Izinkan saya untuk menyampaikan belasungkawa terdalam kami atas kepergian tragis mantan PM Jepang Shinzo Abe,” demikian cuit Presiden dalam akun Twitter resminya, @jokowi, pada Jumat petang.

Presiden Jokowi mengenang jasa PM Abe dalam penguatan hubungan bilateral dan kerja sama antara Indonesia-Jepang.

“Kontribusi beliau dalam memperkuat kerja sama RI-Jepang akan selalu kami kenang. Semoga keluarga PM Abe dan seluruh masyarakat Jepang diberikan kekuatan di tengah masa sulit ini,” tulis Presiden dalam cuitan yang sama.

Amerika Serikat

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut Abe sebagai pemimpin dengan visi besar di sela-sela pertemuan Kelompok 20 di Bali, menggambarkan kematiannya sebagai sangat mengganggu.

“Perdana Menteri Abe adalah mitra yang luar biasa dan seseorang yang jelas-jelas pemimpin yang hebat,” tambah Blinken, tidak ada yang membawa hubungan AS-Jepang ke tingkat yang baru.”

Mantan presiden AS Donald Trump, yang pernah menyebut perdana menteri terbesar Abe Jepang, menyebut berita itu menghancurkan, menurut pernyataan yang dibagikan di Twitter oleh Dan Scavino, mantan Wakil Kepala Staf Komunikasi Gedung Putih.

“Ia adalah teman sejati saya dan, yang lebih penting, Amerika,” tulis Trump, setelah berita penembakan Abe, menurut postingan tersebut. “Ini adalah pukulan luar biasa bagi orang-orang hebat di Jepang, yang sangat mencintai dan mengaguminya.”

China

Presiden China, Xi Jinping belum membuat pernyataan. Namun, juru bicara Kementerian Luar Negeri Zhao Lijian mengatakan China dikejutkan serangan itu pada konferensi pers reguler pada hari sebelumnya, mencatat penembakan itu tidak boleh dikaitkan dengan hubungan China-Jepang.

Kedutaan Besar China di Jepang mengatakan dalam sebuah pernyataan, Abe telah memberikan kontribusi untuk pengembangan dan peningkatan hubungan China-Jepang selama masa jabatannya sebagai perdana menteri Jepang, dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarganya.

Abe menstabilkan hubungan Tokyo dengan Beijing saat menjabat, memulihkan kunjungan resmi dan membuka pintu negara bagi turis Tiongkok. Tetapi ketidakpercayaan membara, dan kunjungan Abe ke kuil kontroversial untuk menghormati korban perang Jepang, termasuk penjahat yang dihukum, beberapa hari setelah meninggalkan jabatannya membuat marah Beijing.

Uni Emirat Arab (UEA)

Presiden UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga Abe dan warga Jepang.

“Kami sangat sedih mengetahui tentang kematian teman tersayang kami Shinzo Abe yang melayani bangsanya dengan hormat dan berkontribusi untuk memperkuat hubungan yang bermanfaat antara UEA dan Jepang. Kami menyampaikan belasungkawa tulus kami kepada keluarganya dan orang-orang Jepang,” cuitnya.

India

Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan terkejut dan sedih tak terkatakan atas berita tragis tentang salah satu teman tersayangnya, Abe.

“Ia adalah seorang negarawan global yang menjulang tinggi, seorang pemimpin yang luar biasa dan seorang administrator yang luar biasa, tulis Modi di Twitter. “Ia mendedikasikan hidupnya untuk membuat Jepang dan dunia menjadi tempat yang lebih baik,” cuitnya.

Modi juga mengatakan, India akan menandai hari berkabung nasional pada hari Sabtu sebagai tanda rasa hormat kami yang terdalam.

Britania Raya

Perdana Menteri Boris Johnson menyebut kematian Abe sangat menyedihkan. “Kepemimpinan globalnya melalui masa-masa yang belum dipetakan akan dikenang oleh banyak orang. Pikiran saya bersama keluarga, teman, dan orang-orang Jepang,” tulisnya di Twitter.

“Inggris mendukung Anda di saat yang gelap dan menyedihkan ini,” tambahnya.

Taiwan

Kantor pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa masyarakat internasional telah kehilangan seorang pemimpin penting, dan Taiwan telah kehilangan seorang teman baik yang penting.

“Taiwan dan Jepang sama-sama negara demokrasi aturan hukum,” kata pernyataan itu. “Pemerintah Taiwan mengutuk kekerasan dan tindakan ilegal.”

Jepang dan Taiwan menikmati hubungan dekat tetapi tidak resmi yang semakin dalam dalam beberapa tahun terakhir, dengan status keamanan pulau demokratis yang berdampak langsung pada tetangganya.

Australia

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese mengatakan sedih atas kematian Abe, menyebut negarawan Jepang itu salah satu teman terdekat Australia di panggung dunia.”

“Abe adalah pemimpin di Indo-Pasifik, memperjuangkan visi kawasan yang bebas dan terbuka,” tambahnya dalam sebuah pernyataan. “Tuan Abe juga seorang raksasa di panggung dunia, seorang pemimpin di G7, G20 dan PBB. Warisannya adalah salah satu dampak global.”

Korea Selatan

Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol menyebut penembakan itu sebagai tindakan kriminal yang tidak dapat diterima dan mengungkapkan kesedihan dan keterkejutan terdalam dalam sebuah pernyataan Jumat sore.

“Saya menyampaikan belasungkawa saya kepada keluarga yang ditinggalkan dan orang-orang Jepang yang telah kehilangan perdana menteri terlama dan politisi yang dihormati dalam sejarah konstitusi Jepang,” kata Yoon.

Selandia Baru

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, yang negaranya telah memerangi kejahatan senjata selama masa jabatannya, mengatakan sangat terkejut dengan penembakan itu.

“Ia adalah salah satu pemimpin pertama yang saya temui ketika saya menjadi PM. Dia sangat berkomitmen pada perannya tetapi juga murah hati & baik hati,” tulisnya di twitter. “Pikiran saya bersama istrinya dan orang-orang Jepang. Peristiwa seperti ini mengguncang kita semua sampai ke inti.”

Perancis

Presiden Emmanuel Macron menulis dalam bahasa Prancis di Twitter, “Sangat terkejut dengan serangan keji di mana Abe menjadi korbannya. Pikiran saya bersama keluarga dan mereka yang dekat dengan perdana menteri yang hebat. Prancis bersama orang-orang Jepang.”

Italia

Perdana Menteri Italia Mario Draghi mengatakan, “Pemerintah Italia mengutuk serangan terhadap Shinzo Abe. Italia mendukung dia dan penduduk Jepang di momen dramatis ini.”

Israel

Presiden Israel, Isaac Herzog mengunggah di Twitter untuk mengatakan ia “ngeri dengan pembunuhan keji dari salah satu pemimpin paling terkemuka Jepang di zaman modern.”

Thailand

Perdana Menteri Prayuth Chan-Ocha menyebut Abe sebagai orang dengan pengetahuan, kemampuan, dan pengalaman yang dicintai oleh semua orang terutama orang Jepang, dalam sebuah pernyataan Jumat.

Pemimpin Thailand itu memberikan penghormatan atas kontribusi Abe untuk memperkuat hubungan Jepang dengan negaranya, dengan mengatakan kunjungannya pada tahun 2013 menandai yang pertama oleh seorang pemimpin Jepang dalam 11 tahun. (Bloomberg)

Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Populer